Pantai Pandawa

Pantai PandawaBali identik dengan pantai yang menawan. Beberapa diantaranya mungkin sudah sering menjadi buah bibir seperti pantai Kuta, Sanur, Dreamland atau Padang Panjang. Selain pantai, Bali juga memiliki wisata seni yang menarik. Dari museum sampai galeri-galeri yang akan membuat mata kembali segar. Namun disaat semua destinasi wisata penuh sesak dan kemacetan Bali yang sudah hampir menyamai Jakarta, kemana kita akan pergi?

Salah satu pilihan berwisata di Bali bisa menggunakan motor. Dengan harga yang relative murah, kami bisa menghemat waktu dan menghindari kemacetan. Namun jalanan di Bali mirip di Bandung, banyak jalan satu arah. Jadi siap-siaplah untuk membuka GPS dan sering bertanya kepada warga. Karena hanya memiliki satu hari saja untuk explore akhirnya kami memilih untuk datang ke pantai diselatan Bali yang katanya belum terlalu ramai dikunjungi. Tujuan kami : Pantai Pandawa.

Pantai Pandawa Bali

Berikut akses menuju Pantai Pandawayang saya dapat dari paman Google :

Dari Denpasar : Arahkan kendaraan menuju Uluwatu. Sampai ketemu perempatan yang di kanan jalan ada supermarket Nirmala anda bisa belok kiri ke arah Nusa Dua. Kurang lebih 2 KM ada pertigaan, belok kiri lagi  ke arah Nusa Dua. Kurang lebih 1 KM pas jalan tanjakan ada papan penunjuk jalan Pantai Pandawa belok kanan dan ikutin jalan itu sampai ketemu jalan beraspal mulus di kanan kiri ada tebing yang dikeruk. Anda akan dikenakan restribusi masuk sebesar Rp. 2000,- untuk sepeda motor. Ikuti jalan itu hingga ketemu tebing yang ada patung pandawa terus hingga ketemu jalan menurun menuju Pantai Pandawa.

Pertama,jika anda dari Kuta/Denpasar ambil arah jalan Uluwatu,kira’ 1Km dari Gwk anda ketemu perempatan Minimarket Nirmala,ambil arah kiri arah Nusa Dua/Bali Cliff,dan ikuti arah jalan ke Bali Cliff. kira’ 2 km perjalanan,ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Pandawa di kiri jalan,belok kiri ikuti jalan tersebut hingga tiba di perempatan (ada signboardnya gede), kemudian belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai habis hingga tiba di Pantai Pandawa kira’ dgn jarak tempuh 4km.

Hal yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bersantai. Kita bisa menyewa tenda untuk bobo siang ceria seharga Rp.50.000 sepuasnya sambil menikmati suasana pantai yang sepi dan tenang. Jangan lupa mencicipi es kelapa muda, harga masih murah Rp.10.000 per-kelapa. Bosen bobo siang, bisa berenang juga di pantai. Kebetulan ombak di pantai ini pecah di tengah, jadi masih aman untuk berenang. Karena ombaknya pecah ditengah juga pantai ini jadi bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk budidaya rumput laut. Selain itu menurut info dari tukang tenda, di pantai ini kita bisa menikmati sunrise karena pantainya menghadap ke arah timur.

Pantai Pandawa Bali

Rumput Laut Pandawa

Lalu kenapa pantai ini disebut pantai Pandawa? Dari hasil googling, sebelumnya pantai ini di sebut secret beach. Lokasi yang memang sulit dijangkau karena terletak dibawah tebing kapur membuat pemerintah yang melihat potensi keindahan pantai ini akhirnya membuat akses jalan yang membelah tebing kapur. Di sisinya kemudian diletakkan lima patung Panca Pandawa. Maka disebutlah pantai ini pantai Pandawa.

Pulang dari pantai pandawa jangan lupa mampir di pantai Green Bowl. Lokasinya searah dengan pantai pandawa, tepat di bawah Hotel Bali Cliff. Namun ke Green Bowl harus siapkan sedikit fisik ektra untuk menuruni anak tangga. Juga hati-hati dengan monyet di parkiran motor yang suka iseng mengambil barang kita.